Efektivitas Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Mts. Al-Kautsar Panei Tongah

Mutho'i, Amril (2018) Efektivitas Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Mts. Al-Kautsar Panei Tongah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar adalah salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian. Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci seseorang berhasil dalam belajar. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar, siswa sangat perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Masalah dalam Penelitian ini adalah tentang bagaimana efek gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII C. Semua permasalahan itu diungkap dalam upaya memahami efektivitas gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dimana hal ini sangat diperlukan dan berpengaruh penting dalam mendukung kesuksesesan belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTs Al Kautsar Panei Tongah berjumlah 10 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil yang Diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan gaya belajar dalam proses pembelajaran di kelas VIII C terbukti efektif hal ini dapat terlihat dari siswa kelas VIII C yang dalam prestasi 10 besar hampir keseluruhan siswa yang bergaya belajar auditori lebih berprestasi dibandingkan dengan gaya belajar yang visual dan kinestetik. Hal ini terlihat dari cara mengajar guru yang hampir keseluruhan menggunakan metode ceramah sehingga dalam metode ceramah itu memudahkan siswa yang bergaya belajar auditori bisa memahami, mengingat nya sebagai bahan pelajaran yang mungkin akan berguna untuk ujian akhir.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:44
Last Modified: 24 Jun 2019 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5844

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item