Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Pada Kelas V MIS Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat

Mukhairani, Riza (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Pada Kelas V MIS Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL RIZA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada kelas V MIs Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MIS Nurul Fauzi yang terdiri dari 25 siswa. Obyek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi proklamasi Kemerdekaan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Taling Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V-B MIs Nurul Fauzi pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum melaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,2 dengan kentusan klasikal 16% dan tergolong katergori “Sangat rendah”. Dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,6 dengan ketuntasan klasikal 52% dan tergolong kategori “sedang”. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 82,8 dan ketuntasan klasikal 84% dan tergolong kategori “sangat tinggi”.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:55
Last Modified: 19 Jul 2019 09:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item