Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIS Nurul Hadina Patumbak

Yuswita, Yuswita (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIS Nurul Hadina Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSWITA NIM. 36.14.4.045.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi operasi pecahan di MIS Nurul Hadina Patumbak. Hasil temuan dengan menggunakan uji t dan teknik analisis liliefors, menunjukkan (1) hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensioanal dikelas VC MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberiperlakuan rata-rat pre tessiswasebesar 40,73 dannilai post tesdikelaskontroladalahsebesar 62,29. (2) hasilbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dikelas VB MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberi perlakuan rata-rata pre tes siswa sebesar 43,28, dan setelah diberikan perlakuan rata-rata post test siswa sebesar 79,53. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIS Nurul Hadina Patumbak. Hal ini sesuaidengan perhitungan uji t diperoleh angka sebesar 4,63 sedangkan ttabel 1,664 maka terbukti bahwa terdapat penagruh pendekatan yang signifikan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di MIS Nurul Hadina Patumbak . Simpulan dalam penelitian menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebihbaikdaripada rata-rata hasil belaja rmatematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan di MIS Nurul Hadina Patumbak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:55
Last Modified: 30 Jul 2019 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item