Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P. 2017/2018

Lubis, Faridah Ulfah (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P. 2017/2018, 2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P. 2017/2018, 3) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P. 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 01 Medan di Kelas VII. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Sedangkan yang dijadikan sampel dari kelas VII T-1 sebagai kelas eksperimen I (STAD) dan dari kelas VII T-4 sebagai kelas eksperimen II (TPS) dengan masing-masing jumlah sampel 32 siswa dalam tiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test yang telah valid dari perhitungan validitas dengan reabilitas soal yaitu 0,808 dengan jumlah soal yang valid 20 soal dari 30 soal yang diujicobakan. Dalam penelitian ini, uji normalitas pada data pre test pada kelas eksperimen I (STAD) diperoleh Lhitung (0,091) < Ltabel (0,157) dan data pre test kelas eksperimen II (TPS) diperoleh Lhitung (0,091) < Ltabel (0,157). Sedangkan uji normalitas pada data post test pada kelas eksperimen I (STAD) diperoleh Lhitung (0,118) < Ltabel (0,157) dan data post test kelas eksperimen II (TPS) diperoleh Lhitung (0,118) < Ltabel (0,157), yang berarti data pre test dan post test pada sampel penelitian memiliki sebaran data yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pre test diperoleh Fhitung (1,069) < Ftabel (1,821) dan data post test diperoleh Fhitung (1,141) < Ftabel (1,821), yang berarti data pre test dan post test pada sampel yang digunakan dalam penelitian berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung (2,135) > ttabel (1,999), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:55
Last Modified: 13 Jun 2019 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item