Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MAN 1 Stabat Kelas X Dalam Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2017-2018

Puspaningrum, Cici (2018) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MAN 1 Stabat Kelas X Dalam Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI CICI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MAN 1 Stabat dalam materi trigonometri, faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dan upaya-upaya yang harus dilakukan agar siswa kelas X MAN 1 Stabat memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA-3 MAN 1 Stabat. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, mengumpulkan hasil latihan siswa, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa dari 5 soal yang diberikan guru, siswa A mampu menjawab 4 soal dengan benar yaitu soal nomor 1, 3, 4, 5 dan memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Siswa B hanya menjawab soal nomor 3 dengan benar dan memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Siswa C hanya menjawab soal nomor 3 dengan benar dan memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Adapun faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu 1) Cara mengajar guru yang membosankan, 2) Cara belajar siswa yang tidak efektif, 3) Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Upaya-upaya yang harus dilakukan agar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu: 1) Guru harus mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dalam menyampaikan materi pembelajaran, 2) Siswa harus belajar teratur setiap hari dengan pembagian waktu yang baik dan memilih cara belajar yang tepat, 3) Menumbuhkan semangat belajar siswa dengan cara memberi motivasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:54
Last Modified: 13 Jun 2019 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item