Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah

Wahyuni, Riska Dwi (2018) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WORD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model problem based learning(PBL). 2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning. 3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model PBL dan discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jammiyatul Washliyah Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 berjumlah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen I dan kelas VIII-5 berjumalah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dengan memberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang sebelumnya sudah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis data posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model problem based learning. Hali ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t, dimana hasil thitung = 4,443 dan ttabel = 2,022 berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berbeda. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunkan model Problem Based Learning(PBL).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 May 2019 07:43
Last Modified: 14 May 2019 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5723

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item