Keterampilan Menjelaskan Pelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SD ITUmmi Darussalam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Fauziyati, Fauziyati (2018) Keterampilan Menjelaskan Pelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SD ITUmmi Darussalam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses pembelajaran, kegiatan ini melibatkan interaksi antara Dalam proses pembelajaran, menjelaskan materi kepada siswa tidak gampang, nyatanya memerlukan beberapa keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik agar siswa mampu menangkap dan memahami apa yang disampaikan oleh guru. Seorang guru harus mampu menguasai berbagai keterampilan dalam mengajar agar mampu menjalankan berbagai peranannya. Di antara berbagai keterampilan mengajar, salah satunya adalah keterampilan menjelaskan. Sebab sering kali murid tidak memahami dalam kegiatan belajar mengajar,kejenuhan dan kebosanan sering dialami oleh peserta didik khususnya di SD IT Ummi Darusslam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, maka keterampilan dalam menjelaskan pelajaran yang dimiliki oleh seorang guru merupakan aspek penting untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Adapun masalah yang harus dipecahkan yaitu Bagaimana persiapan guru dalam proses pembalajaran, kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan pembelajran, peran kepala sekolah dalam membina guru agar menguasai keterampilan menjelaskan dan usaha guru dalam menguasai keterampilan menjelaskan.Tujuan penelitian ini untuk menjawab segala permasalahan di atas. Menurut Moh, Uzer Usman, Keterampilan menjelaskan adalah keterampilan menyajikan informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya, misalnya sebab akibat, definisi dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi langsung, wawancara yang mendalam dan studi dokumen. Adapun yang menjadi key informan adalah guru. Informan lainnya adalah kepala sekolah dan peserta didik. Persiapan guru mengajar terdiri dari RPP, Silabus, media pembelajaran dan lain sebagainya. kendala yang dialami guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran ketika pembuatan RPP yang bisa terbilang cukup rumit, sehingga membuat banyak guru yang malas untuk membuatnya ketika akan mengajar, pembuatan media yang memakan biaya juga membuat banyak guru hanya terfokus dengan sumber buku ajaran, peran kepala sekolah dalam membina guru agar menguasai keterampilan menjelaskan pelajaran dengan memberikan pembinaan-pembinaan kepada guru dan staf-staf yang ada di sekolah, usaha guru untuk menguasai keterampilan menjelaskan, dengan merencanakan isi pesan dari materi pembelajaran, menyusun apa saja yang akan disampaikan kepada siswa yang dapat menggali kemampuan daya berfikir, bahasa, keterampilan dan lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:39
Last Modified: 19 Jul 2019 03:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item