Analisis Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dalam Pembelajaran Kooperatif Problem Posing Kelas VIII MTs Al Washliyah Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang Tp. 2017/2018

Nahdiyah, Khofipatun (2018) Analisis Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dalam Pembelajaran Kooperatif Problem Posing Kelas VIII MTs Al Washliyah Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang Tp. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOFIPATUN NAHDIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika adalah salah satu dari lima kemampuan yang disarankan oleh NCTM untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Terdapat empat langkah-langkah dalam pemecahan masalah yang harus dikuasai oleh siswa yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Fokus dalam penelitian ini adalah langkah-langkah pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I, untuk menentukan subjek penelitian menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 5 subjek untuk mewakili setiap klasifikasi langkah-langkah pemecahan masalah siswa untuk memberikan informasi langkah-langkah yang dilakukan oleh subjek tersebut. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dokumentasi, dan metode observasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: untuk kelompok baik sekali siswa telah mampu melaksanakan keempat langkah-langkah pemecahan masalah. Untuk kelompok baik siswa mampu melaksanakan keempat langkah-langkah tetapi masih terdapat kesalahan dalam perhitungan. Untuk kelompok cukup dari empat langkah-langkah siswa belum mampu melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Untuk kelompok kurang, hanya mampu melaksanakan langkah pertama. Untuk kelompok kurang sekali siswa tidak mampu melaksanakan keempat langkah-langkah pemecahan masalah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:39
Last Modified: 09 Apr 2019 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item