Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Barbasis Masalah Kelas X Man Lima Puluh Tp. 2017/2018

Fadillah, Nur (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Barbasis Masalah Kelas X Man Lima Puluh Tp. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR FADILLAH (35.14.3.087).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika adalah salah satu dari lima kemampuan yang disarankan oleh NCTM untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah penting dikuasai oleh siswa karena merupakan proses menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang belum diketahui. Pada kenyataannya kemampuan ini belum dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik. Fokus dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa, dan kemampuan siswa pada setiap tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, untuk menentukan subjek penelitian menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 5 subjek untuk mewakili 5 kategori kemampuan pemecahan masalah siswa untuk memberikan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah untuk setiap kategori. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dokumentasi, dan metode observasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: dari sebanyak 34 orang siswa diperoleh sebanyak 8 orang siswa (23,5%) memiliki kemampuan pemecahan masalah “baik sekali” atau mampu melaksanakan 4 tahapan kemampuan, 3 orang siswa (8,8%) termasuk kedalam kategori “baik” atau belum mampu melaksanakan tahap ke empat, 4 orang siswa (11,8%) termasuk kedalam kategori “cukup” atau mampu melaksanakan tiga tahapan pertama namun salah dalam perhitungan, 10 orang siswa (29,4%) termasuk kedalam kategori “kurang” atau mampu melaksanakan tahapan 1 dan 2 namun salah dalam perhitungan dan belum mampu melaksanakan tahap ke 3 dan 4, dan 9 orang siswa (26,5%) termasuk kedalam kategori “kurang sekali” atau belum mampu melaksanakan ke empat tahapan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:39
Last Modified: 09 Apr 2019 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item