Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas Vii Smp It Nurul Ilmi Medan Tahun Ajaran 2017/2018

Tanjung, Siti Aisyah (2018) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas Vii Smp It Nurul Ilmi Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Keterlaksanaan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI di kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Medan, (2) Mengetahui kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Medan, dan (3) Mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diadaptasi dari PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 33 orang siswa kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Medan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari – mei 2018. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara guru dan siswa, dokumentasi dan dibantu dengan pemberian tes soal yang diadaptasi dari PISA, dengan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, lembar pedoman wawancara guru dan siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Medan belum memenuhi karakteristik PMRI, kemampuan literasi matematis siswa paling banyak berada di level 2 dan 4 PISA dengan persentase ketercapaian siswa 39,39 % dan 33,33 % serta kesalahan siswa lebih dominan karena kesalahan dalam penafsiran bahasa dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan adalah 53,57 %

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 08 Apr 2019 08:33
Last Modified: 08 Apr 2019 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item