Muti’ah, Ummul (2018) Kontribusi Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Profesionalisme Guru Di Mts Hifdzhil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik guru salah satu daya atau kemampuan guru untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang baik serta kemampuan untuk mendidik, membimbing masyarakat dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beragamnya karakteristik guru berbeda-beda, ada guru yang benar-benar menerapkan ilmu pedagogiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, guru seperti inilah yang diharapkan oleh sekolah tersebut, tetapi ada juga guru yang dalam melakukan pekerjaannya hanya mengajar tanpa memahami maksud dari ilmu pedagogik itu, selain itu juga ada guru yang kurang mengevaluasi dan menilai proses dan hasil belajar, sering terlambat masuk kelas dan kurang pemahaman akan peserta didiknya. Kenyataan tersebut mengindiksikan bahwa pemahaman guru mengenai ilmu pedagogik masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional guru di MTS Hifdzhil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional guru di MTS Hifdzhil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup tinggi yaitu 0,511 dan memiliki korelasi positif yang signifikan terbukti rhitung > rtabel atau 0,511 > 0,344. Sedangkan koefisien determinasi (r square) adalah 0,261 kontribusi tingkat kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional guru di MTS Hifdzhil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara adalah sebesar 26.1%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 09:30 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 09:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5482 |
Actions (login required)
View Item |