Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Metode Penemuan Terbimbing Dan Metode Ekspositori Pada Materi Phytagoras Di Kelas VIII SMP Swasta Alwashliyah 5 Hamparan Perak T.P 2017/2018

Panggabean, Nur 'elisia (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Metode Penemuan Terbimbing Dan Metode Ekspositori Pada Materi Phytagoras Di Kelas VIII SMP Swasta Alwashliyah 5 Hamparan Perak T.P 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori pokok bahasan teorema pythagoras di kelas VIII SMP Swsta Alwashliyah 5 Hamparan Perak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 2 kelas. Sedangkan sampelnya yaitu seluruh anggota populasi sebagai responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A terdiri dari 38 siswa dan kelas VIII-B berjumlah 27 sisw, sehingga sampel seluruhnya berjumlah 65 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode penemuan terimbing lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode eskpositori pada materi Pythagoras; (2) Hasil belajar siswa berkemampuan penelaran induktif maupun berkemampuan penelaran deduktif yang diajar dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode eskpositori pada materi Pythagoras;(3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan penelaran siswa terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif maupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan metode penemuan terbimibng dari pada metode eskpositori pada materi Pythagoras.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:30
Last Modified: 11 Mar 2019 09:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item