Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Talking Stick Kelas VII SMP Cerdas Murni Pada T.P 2017/ 2018

Siregar, Hernelly Tunziah (2018) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Talking Stick Kelas VII SMP Cerdas Murni Pada T.P 2017/ 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERNELLY NIM 35143110I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan tipe Talking Stick Kelas VII SMP cerdas murni pada tahun pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMP cerdas murni Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang secara acak dipilih 2 kelas dari 3 kelas dengan jumlah 64 siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan model pembelajaran Make a Match dan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran Talking stick. Instrumen yang digunakan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal essay test terdiri dari: tes kemampuan berpikir kreatif. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan dianalaisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dalam ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) berdasarkan uji normalitas dengan rumus liliefors diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan tipe Talking Stick adalah berdistribusi normal. Sehingga diperoleh normalitas pada kelas eksperimen I Lhitung < Ltabel atau (0,094 < 0,157) dan pada kelas eksperimen II Lhitung < Ltabel atau (0,130 < 0,157)yang berarti data kemampuan berpikir kreatif siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) berdasarkan uji homogenitas dengan rumus bartlet diperoleh x_( hitung)^2 < x_( tabel)^2 (0,226<3,841) hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung = -1,884 dan ttabel = -1,669. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika -thitung < -ttabel. Dalam penelitian ini dipeoleh -thitung < -ttabel (-1,884 < -1,669), dengan demikian tolak Ho dan terima Ha. Yang berarti dapat disimpulakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan tipe Talking Stick kelas VII SMP Cerdas Murni tahun pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:59
Last Modified: 06 Mar 2019 07:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item