Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Puisi Melalui Strategi Pembelajaran Paikem Di Kelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II Kecamatan Medan Denai

Syahnurdin, Syahnurdin (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Puisi Melalui Strategi Pembelajaran Paikem Di Kelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II Kecamatan Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Syahnurdin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum penerapan Strategi Pembelajaran Paikem mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Membaca Puisi di kelas V MIS Nurul hidayah Denai (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Paikem mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Membaca puisi di kelas V MIS Nurul Hidayah Denai (3) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Paikem mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Membaca Puisi di kelas V MIS Nurul Hidayah Denai. Jenis penelitian berupa PTK yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang siswa. Ketetapan KKM yakni 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata 61,30%. (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan Strategi Pembelajaran Paikem pada siklus I nilai rata-rata 69,56% atau sebanyak 56,17% atau 12 orang siswa yang tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 52,60% atau sebanyak 60,86% atau 14 orang yang tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Paikem dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Membaca Puisi di kelas V MIS Nurul Hidayah Denai Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:59
Last Modified: 30 Jul 2019 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item