Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Di MTs Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa

Vachira, Hamna (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Di MTs Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img] Text
skrip lengkap.doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII di MTs Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksaanakan pada bulan juli sampai dengan bulan agustus tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi experiment dengan jenis pre-test post-test one group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tanjung Morawa Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan anget penyesuaian diri berjumlah 53 item penyetaan yang telah valid dan reliabel. Berdasarkan tabel hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil perhitungan t-test thitung= 2,182, sig. 0,034. Jadi dibandingkan antara thitung dan ttabel maka thitung > ttabel, dan sig, < p sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.Layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MTs Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan yang menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 05 Mar 2019 00:54
Last Modified: 26 Jun 2019 02:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item