Putra, Bagus Abrianda (2016) Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Minat Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kelas X Di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan Jl. Williem Iskandar Medan Estate. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
SKRIPSI FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. (2) bagaimana minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. (3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. Berdasarkan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan, untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. Adpun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel sebanyak 30 siswa yang diambil dari jumlah populasi 117 orang. Teknik yang digunakan dalam menganalisa data adalah dengan teknik korelasi product moment. Analisis menunjukkan bahwa hubungan kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan berada pada kategori tinggi dengan interprestasi korelasi 0,600 – 0,799 hal ini di tandai dengan hasil perhitungan product moment yaitu 0,641. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,374 dan rhitung = 0,641 ini berarti rhitung > rtabel = 0,641 > 0,374. Karena r0 > rt pada taraf signifikan 5% maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis yang telah diajukan diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah Kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. (2) bagaimana minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. (3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. Berdasarkan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan, untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan. Adpun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel sebanyak 30 siswa yang diambil dari jumlah populasi 117 orang. Teknik yang digunakan dalam menganalisa data adalah dengan teknik korelasi product moment. Analisis menunjukkan bahwa hubungan kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan berada pada kategori tinggi dengan interprestasi korelasi 0,600 – 0,799 hal ini di tandai dengan hasil perhitungan product moment yaitu 0,641. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,374 dan rhitung = 0,641 ini berarti rhitung > rtabel = 0,641 > 0,374. Karena r0 > rt pada taraf signifikan 5% maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis yang telah diajukan diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah Kelas X di Yayasan Pesantren Islamic Center Medan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 00:54 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 08:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
View Item |