Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas VIII-7 MTs N 2 Deli Serdang

Ramadhaniar, Prana (2018) Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas VIII-7 MTs N 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PRANA RAMADHANIAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran, perhatian serta kesadaran terhadap suatu pelajaran dan mengesampingkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan proses belajar. Maka konsentrasi merupakan salah satu aspek pendukung siswa untuk mencapai prestasi yang baik. Apabila konsentrasi berkurang maka dalam mengikuti pelajaran di kelas maupun belajar secara pribadi pun dapat terganggu. Berdasarkan permasalahan dari data yang diperoleh peneliti, bahwa di MTs N 2 Deli Serdang konsentrasi belajar kelas VIII masih tergolong rendah seperti kurang antusias mengikuti pelajaran, jarang memperhatikan guru, jarang mengulang pelajaran, dan menganggu teman saat guru menjelaskan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII-7 MTs N 2 Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 MTs N 2 Deli Serdang berjumlah 10 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Konsentrasi belajar siswa di kelas VIII-7 setelah dilakukan bimbingan kelompok, terjadinya peningkatan secara signifikan antara kondisi dilakukan siklus I dan Siklus II. Pada pra- siklus siswa yang memiliki kesiapan belajar ditandai dengan persentase 30%, pada siklus I kesiapan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 30% menjadi 60%. Pada siklus II kesiapan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 20% menjadi 80% dengan kategori “Baik”.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:05
Last Modified: 26 Jun 2019 01:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item