Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa T.A 2017/2018

Lubis, Elvina (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example di kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapakan model pembelajaran Ceramah di kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa (3) Pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (mencari nilai rata-rata, standart deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas VII-1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-2 (kelas kontrol) yang berjumlah 32 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example memperoleh nilai rata-rata 81,833 dengan variansi 153,316 dan standar variansi 12,382. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Ceramah memperoleh nilai rata-rata 74,031 dengan variansi 198,096 dan standar deviasi 14,075. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa Bangsa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh t_hitung = 2,311 dan t_tabel= 2,000. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibanding dengan menerapkan model pembelajaran ceramah di kelas kelas VII MTs. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:50
Last Modified: 25 Jan 2019 09:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item