Harahap, M. Rajab (2018) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu Vi Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
Tesis Khairuddin.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apa saja inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh SD Negeri 097523. Selanjutnya bagaimana dampak dilaksanakanya inovasi pembelajaran di SD Negeri 097523 serta ingin mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh SD Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dukumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pembelajaran yang dilakukan menekankan pada: Pertama, Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan menerapkan empatInovasi pembelajaran yakni strategi contextual Teaching and Learning (CTL), media power point, media handphone serta perlombaan praktek ibadah. Kedua, Dampak Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran terlihat pada dua hal berikut ini: a)siswa menjadi terlatih mengaitkan antara pelajaran yang diperoleh dengan apa yang terjadi di lingkungan saat itu, siswa juga mampu menyadari akan pentingnya memahami agama karena agama merupakan kebutuhan setiap orang dan sebagai bekal di akhirat kelak.; b). Perubahan sikap siswa yang semakin membaik. Ketiga, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat pelaksanaan Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: 1) faktor pendukung inovasi pembelajaran PAI adalah sebagai berikut ini: a). Kemampuan guru, karena dalam hal ini melihat pentingnyaperan seorang guru, dimana guru yang akan bertanggung jawabdalam membentuk moral dan akhlak siswa. b).Kemampuan siswa, kemampuan siswaakan sangat menunjangPelaksanaan Inovasi Pembelajaran dengan ditunjang oleh sikap adaptasi siswa yang mau menerimaperubahan dalam proses belajar mengajar. c). Sarana dan prasarana yang menunjang untuk dipergunakandengan maksud menumbuhkan kecakapan dan perkembanganpenguasaan pengetahuan oleh guru dan siswa sesuai denganperkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmupendidikan pada khususnya.2).Faktor penghambat dalam Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut: a).Keterbatasan guru, dalam hal ini masih banyak guru yangbelum mampu sepenuhnya dalam menerapkan strategi tersebutkarena minimnya pemahaman dan kurangnya buku penunjang. b).Sarana dan prasarana yang kurang memadaii. c).Kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang beragam.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 09:50 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 09:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5183 |
Actions (login required)
View Item |