Metode Montessori Dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini Di Ra Al Hasanah Medan Denai Tahun Ajaran 2017/2018

Pohan, Nurhikmah (2018) Metode Montessori Dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini Di Ra Al Hasanah Medan Denai Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Nurhikmah Pohan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode Montessori merupakan secara umum mendidik anak untuk memacu perkembangan fisik, sosial, emosional, dan intelektual anak secara maksimal, sehingga seorang anak dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui yaitu (1) Metode Montessori di RA Al Hasanah Medan Denai (2) Mengembangkan fisik motorik anak usia dini di RA Al Hasanah Medan Denai (3) Metode Montessori dalam perkembangan fisik motorik anak usia dini di RA Al Hasanah Medan Denai (4) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam metode Montessori dalam mengembangkan fisik motorik anak usia dini di RA Al Hasanah Medan Denai. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Hasanah Medan Denai dijalan Srikandi no. 37 B Lk. XIV Kelurahan Tegal Sari Mandala III Kecamatan Medan Denai, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah dan guru. Adapun langkah menganalisis data dari Miles Huberman adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian menyimpulkan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji credibilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu: (1) metode Montessori di RA Al Hasanah sudah berkembang dengan baik, (2) mengembangkan fisik motorik anak di RA Al Hasanah sudah mencapai perkembangan yang baik, (3) metode Montessori dalam mengembangkan fisik motorik anak usia dini di RA Al Hasanah sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan fisik motorik anak, dan (4) faktor pendukung dan penghambat dalam metode Montessori dapat diatasi dengan baik

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:50
Last Modified: 25 Jan 2019 09:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item