Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Debat Dikelas Vii Smp Al Hidayah Medan Tahun Ajaran 2012/2013 Pada Materi Pecahan

Matondang, Putri Adella (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Debat Dikelas Vii Smp Al Hidayah Medan Tahun Ajaran 2012/2013 Pada Materi Pecahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI ADELLA MATONDANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan modelpembelajaran Debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta untuk mngetahui peningkatan hasil belajar tersebut pada materi pokok bilangan pecahan menggunakan model pembelajaran Debat si SMP Al Hidayah Medan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 63 orang. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Hasil belajar sebelum dilakukan Debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok bilangan pecahan (2) Bagaimana proses pelaksanaan model pemebelajaran Debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok bilangan pecahan (3) bagaimana hasil belajar siswa setelah dilaksanakan proses pembelajatan Debat. Instrumen yang digunakan dalam penelitia ini adalah tes, observasi, wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal soal pecahan. Observasi dilakukan terhdap guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan wawancara dilakukan terhadap guru matematika dan siswa. Hasil penelitian menunjukan : (1) pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran debat untuk materi pokok bilangan pecahan berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Siklus I dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Siklus I sebanyak 23 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 40 siswayang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II sebanyak 55 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 8 siswa masih belum dapat mencapai ketunasan belajar. Dengan kesulitan bahwa siswa belum mampu memahami soal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 23 Jan 2019 09:23
Last Modified: 23 Jan 2019 09:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item