Pengaruh Model Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Materi Perilaku Keseimbangan Hidup Dunia Dan Akhirat Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Insan Cita Medan

Azhari Fadilah Sirait, Trian (2018) Pengaruh Model Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Materi Perilaku Keseimbangan Hidup Dunia Dan Akhirat Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Insan Cita Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Cover Image

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengujian hipotesis ada atau tidak pengaruh yang signifikan dalam penerapan model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif design semi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik pada kelas eksperimen namun tidak pada kelas kontrol, akan tetapi peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajarnya adalah signifikan dan kurang signifikan; 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik, akan tetapi pengaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat tidak mempengaruhi atau kurang signifikan. Pelitian ini hanya bersifat meguji model penerapan pendidikan karakter berbasis agama. Peneliti hanya terfokus pada ruang lingkup pegujian teori dan tidak terlalu mengkaji dan membahas seberapa besar pegaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Rizkon Jadidah Pasaribu
Date Deposited: 21 Jan 2019 01:56
Last Modified: 26 Jun 2019 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item