Azhari Fadilah Sirait, Trian (2018) Pengaruh Model Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Materi Perilaku Keseimbangan Hidup Dunia Dan Akhirat Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Insan Cita Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
COVER.pdf - Cover Image Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (125kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengujian hipotesis ada atau tidak pengaruh yang signifikan dalam penerapan model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif design semi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik pada kelas eksperimen namun tidak pada kelas kontrol, akan tetapi peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajarnya adalah signifikan dan kurang signifikan; 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik, akan tetapi pengaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat tidak mempengaruhi atau kurang signifikan. Pelitian ini hanya bersifat meguji model penerapan pendidikan karakter berbasis agama. Peneliti hanya terfokus pada ruang lingkup pegujian teori dan tidak terlalu mengkaji dan membahas seberapa besar pegaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Rizkon Jadidah Pasaribu |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 01:56 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 04:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5065 |
Actions (login required)
View Item |