Thohir, Kholis (2012) Manajemen Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Madrsah Aliyah Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.
|
Text
Cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen Pesantren dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Secara lebih detail, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan yang dilakukan Pesantren, Pengorganisasian sumber daya Pesantren, Penggerakan dan bentuk pengendalian (pengawasan) yang dilakukan dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memanfaatkan observasi (participant observation), wawancara (in depth interview) dan pengkajian dokumen (document study), adapun langkah yang ditempuh dalam menganalisis data yaitu dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajian dan kemudian untuk disimpulkan. Sedangkan untuk mencapai keterpercayaan data penelitian yang telah dikumpulkan, berikutnya dilakukan pengujian keabsahan data meliputi: kepercayaan (credibility), keteralihan (tranferability), kebergantungan (defendability), dan kepastian (komfirmability). Hasil temuan penelitian di lapangan menunjukkan bahwa manajemen Pesantren, sebagai bentuk pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, dalam peningkatan prestasi belajar siswa di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan adalah : 1) Perencanaan yang dilaksanakan Direktur dioptimalkan pelaksanaannya dalam kegiatan belajar mengajar, pengembangan kurikulum dan pemantapan pemahaman dengan langkah menentukan personil yang dilibatkan, menentukan aspek yang direncanakan dalam hal ini adalah pengembangan kurikulum, program kegiatan penunjang, keterlibatan guru dan perencanaan dalam pembinaan kualitas guru, yang terakhir adalah target yaitu terwujudnya prestasi; 2) Pengorganisasian dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan dilakukan oleh kepala-kepala madrasah, wali kelas bekerjasama dengan guru yang pada prakteknya adalah memaksimalkan kerjasama dalam peningkatan prestasi belajar siswa. ; 3) Penggerakkan Peningkatan Prestasi belajar Siswa di Pesantren ar-Raudhatul Hasanah yang dilakukan oleh Direktur, kepala-kepala madrasah dan juga Kepala bidang Pendidikan dan Pengajaran adalah dalam rangka memotivasi dan memberikan arahan pada guru. ; 4) Pengendalian dilakukan oleh Direktur Pesantren, kepala madrasah dan Juga kepala bidang Pendidikan dan Pengajaran berupa kontrol terhadap proses kegiatan belajar mengajar, termasuk pengawasan yang bertujuan untuk menemukan kelemahan, hambatan, dan penyimpangan terhadap proses belajar mengajar
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:37 |
Last Modified: | 03 May 2016 03:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
View Item |