Pengaruh Strategi Kooperatif Tipe Stad dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Sei Kepayang Timur Satu Atap

Gunawan, Gunawan (2012) Pengaruh Strategi Kooperatif Tipe Stad dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Sei Kepayang Timur Satu Atap. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestik, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kepayang Tumur Satu Atap. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan teknik undian. Sampel penelitian berjumlah 63 orang, dimana 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi kooperatif tipe STAD dan 33 orang siswa sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 32 item soal. Serta untuk menentukan gaya belajar siswa dengan menggunakan angket gaya belajar yang dikembangkan oleh peneliti sendiri dengan mengacu pada instrumen yang dikembangkan oleh De Porter dan Hernachi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2x3. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Untuk menguji data statistik inferensial digunakan ANAVA dua jalur. Sebelum ANAVA dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji liliefors dengan uji homogenitas varians dengan uji Barlett pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang dibelajarkan dengan strategi kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang diajarkan dengan strategi konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestik. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 03 May 2016 03:07
Last Modified: 03 May 2016 03:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item