KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DI KELAS VIII MTs. PP RAUDHATUL HASANAH MEDAN

Ulfah Lubis, Maria (2018) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DI KELAS VIII MTs. PP RAUDHATUL HASANAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Cover Image

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan peserta didik dengan IQ rendah dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan kubus dan 2) kemampuan peserta didik dengan IQ sedang dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan kubus dan balok 3) kemampuan peserta didik dengan IQ tinggi dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII- C MTs PP Raudhatul Hasanah Medan yang berjumlah 33 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis yang dugunakanuntuk mengetahuia kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan : 1) siswa yang memiliki IQ rendah hanya mampu mencapai 1 hingga 2 indikator pemecahan masalah yang telah ditentukan, dan untuk langkah-langkah pemecahan masalah matematika siswa hanya berada pada tahap kemampuan memahami masalah. 2) siswa yang memiliki IQ sedang mampu mencapai 3-4 indikator pemecahan masalah yang telah ditetapkan, dan untuk langkah-langkah pemecahan masalah siswa mampu menggunakan semua langkah-langkah yang ditawarkan dengan tepat, yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 3) siswa yang memiliki IQ tinggi mampu mencapai semua indikator pemecahan masalah yang telah ditetapkan, dan untuk langkah-langkah pemecahan masalah siswa mampu menggunakan semua langkah-langkah pemecahan masalah yang ditawarkan yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Intelligency quotient (IQ)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Rizkon Jadidah Pasaribu
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:01
Last Modified: 10 Jan 2019 07:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item