Nurhabibah, Ayu (2018) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs.ISLAMIYAH YPI BATANG KUIS TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
|
Image (Sampul)
Cover.pdf - Cover Image Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Download (519kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Download (873kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (362kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahiu: jenis-jenis kesulitan siswa , faktor-faktor penyebab kesulitan dan upaya mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan garis singgung lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII-2 MTs Islamiyah YPI Batang Kuis Tahun Pelajaran 2017-2018yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitanini, analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data didasarkan atas kriteria yaitu: crediblity, transferability, dependability, dan confirmability. Dari data hasil data tes diperoleh siswa mengalami kesulitan konsep, kesulitan skill, kesulitan prinsip, kesulitan fakta dan kesulitan pemecahan masalah. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika terdiri dari dua yaitu faktor intern dan ekstern. Dimana faktor internnya adalah anggapan yang salah terhadap matematika, kurangnya pemahaman siswa, minimnya penegtahuan dasar siswa, ketidaktelitian frekuensi belajar siswa yang kurang. Sedangkan faktor ekstern yaitu perhatian orang tua siswa, banyaknya aktivitas yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan garis singgung soal lingkaran, yaitu memberikan banyak latian soal kepada siswa, menjelaskan per individu jika tidak memahaminya, dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya. Dalam membentuk pola pengajaran matematika, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, teapi juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal garis singgung lingkaran, selain itu adanya upaya dilakukan guru agar siswa lebih mudah menyelesaikan soal dan tidak mengalami kesulitan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan siswa, Menyelesaikan soal matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Iqlima Iqlima |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 04:07 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 04:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |