Harahap, Nurul Fatimah (2018) Analisis kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VII mts pancasila Tanjung Beringin tahun pelajaran 2017-2018. Skripsi thesis, Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan.
|
Image (SAMPUL)
Cover 2.pdf - Cover Image Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Accepted Version Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (420kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Download (862kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi himpunan di kelas VII MTs Pancasila Tanjung Beringin, 2) langkah-langkah pemecahan masalah yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi himpunan di kelas VII MTs Pancasila Tanjung Beringin, 3) faktor apa saja yang menjadi kendala siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi himpunan di kelas VII MTs Pancasila Tanjung Beringin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas VII-A MTs Pancasila Tanjung Beringin tahun pelajaran 2017-2018. Data yang digunakan adalah rekaman hasil wawancara dan hasil tes, sehingga metode yang dalam penelitian ini, wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah diperoleh dijamin keabsahannya dengan menggunakan Triangulasi Metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih tergolong rendah terlihat dari tingkat memahami masalah sebesar 38,71%, menyusun rencana sebesar 29,65%, melaksanakan rencana sebesar 23,44% dan membuat kesimpulan sebesar 19,99%. Langkah-langkah pemecahan masalah yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu siswa dominan terlebih dahulu memahami masalah yaitu dengan memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, setelah memahami masalah siswa baru menyusun rencana penyelesaian. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep, kurangnya ketelitian siswa saat mengerjakan soal dan rendahnya minat siswa untuk belajar matematika
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Rizkia Yuniar |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 04:05 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 04:05 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4889 |
Actions (login required)
View Item |