STRATEGI BANK INDONESIA DALAM SOSIALISASI GERAKAN NASIONAL NON TUNAI ELECTRONIC MONEY (Studi Kepada Masyarakat Di Kota Medan)

Pohan, Amelia Ramadhani (2018) STRATEGI BANK INDONESIA DALAM SOSIALISASI GERAKAN NASIONAL NON TUNAI ELECTRONIC MONEY (Studi Kepada Masyarakat Di Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (sampul)
SAMPUL (1).pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
IKHTISAR.pdf - Accepted Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA AMELIA.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ketidaktahuan masyarakat di Medan dalam menggunakan electronic money sebagai alat transaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga penulis menilai perlunya melakukan sebuah penelitian tentang langkah-langkah Bank Indonesia dalam mensosialisasikan electronic money kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam peneilitian ini penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan. Data didapat melalui wawancara kepada informan ataupun dokumen pribadi. Data yang diperoleh penulis melalui wawancara yang berdasarkan kepada rumusan masalah adalah pertama, sosialisasi electronic money yang dilakukan oleh Bank Indonesia, yaitu kepada mahasiswa dan masyarakat. Kedua, strategi yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mensosialisasikan electronic money yaitu melakukan program kampanye, studi Ekskursi, mendorong kerjasama antar operator electronic money, pemerintah, para mahasiswa. Ketiga, adapun yang menjadi kendala Bank Indonesia untuk mensosialisasikan electronic money adalah dari segi jarak, merubah mindset masyarakat untuk menggunakan electronic money, merchant yang terbatas, dan mesin EDC yang hanya bisa membaca satu kartu. Melaluiteknikanalisiskualitatif, didapathasilpenelitiansebagaiberikut: pertama, sosialisasielectronic money yang dilakukanoleh Bank Indonesia berjalansesuaidenganapa yang telahdirencanakandiduatempat. Kedua, daribeberapastrategi yang dilakukanoleh Bank Indonesia dalammensosialisasikanelectronic money sepertimelakukan program kampanye, memberikanhiburandanhadiah.Ketiga, semuausaha Bank Indonesia dalammensosialisasikanelectronic money sudahmaksimal, namuntidakdapatdipungkirikalauselaluadakendala yang dihadapi. Dari keempatkendala yang sulit dihadapi oleh Bank Indonesia adalahsalahsatunyayaitumelakukansosialisasikepelosokdesakarenatempatnyajauh, dandarisegijaraksangatmemakanwaktu yang lama, selainitu Bank Indonesia mempunyaitugaslain yang jugapentingdalamperekonomian di masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Indonesia, electronic money
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Pengguna yang mendeposit: indri sukma tilawah
Date Deposited: 07 Dec 2018 11:59
Last Modified: 07 Dec 2018 11:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item