Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung

Nasution, Dewi Yunita (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI YUNITA NASUTION.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII yang berjumlah dua kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas VII A ( kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional) dan kelas VII B (kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal essay test. Soal tersebut telah disesuaikan dengan indikator hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji ANAVA dan hasil yang diperoleh dalam ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) berdasarkan uji normalitas liliefors didapat hasil belajar pada pembelajaran NHT adalah Lhitung = 0,107 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata maka diperoleh harga Ltabel = 0,140. Sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel atau yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) berdasarkan uji homogenitas diperoleh hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = -65,009 dan Ftabel = -3,960. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika Fhitung > Ftabel. Dalam penelitian ini dipeoleh Fhitung < ttabel atau -65,009 < -3,960, dengan demikian tolak Ho dan terima Ha, berarti terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:56
Last Modified: 27 Sep 2018 08:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item