Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pertiwi, Diah Ayu (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
diah ayu pertiwi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dan (3) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segi empat di kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 433 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 berjumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran inkuiri memperoleh skor rata-rata sebesar 69,30 dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran ekspositori yang hanya memperoleh skor rata-rata 60,65. Berdasarkan perhitungan statistik uji-t diperoleh Fhitung > Ftabel dengan angka 3,324 > 3,10, maka disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segi empat di kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:55
Last Modified: 27 Sep 2018 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item