Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MIN Glugur Darat II Kec. Medan Timur

Hasibuan, Dinda Wulandari (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MIN Glugur Darat II Kec. Medan Timur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINDA WULANDARI HASIBUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatiftipeTwo Stay Two Stray terhadap hasil belajar kelas IV pada materi EnergiAlternatifdanPenggunaanya. Penelitian ini dilakukan di MIN Glugur Darat II Kec. Medan Timur. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVC ( kelas yang diajarkantidakmenggunakanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay TwoStray) dan kelas IVB (kelas yang diajarkanmenggunakanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay TwoStray). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihanberganda. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan uji normalitas lilliefors didapat hasil belajar pada pembelajaranTSTS adalah Lhitung= 0,099 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata a= 0,05 maka diperoleh harga Ltabel = 0,151. Sehingga diperoleh Lhitung< Ltabel atau 0,099 < 0,151 yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh F_hitung^ <F_tabel^ (1,047<1,836) hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. (3) Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,799 dan ttabel= 1,65. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika thitung< ttabel. Dalam penelitian ini dipeoleh thitung> ttabel atau 6,799> 1,65, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang posistif dan signifikan antara model pembelajarankooperatiftipeTwo Stay Two Stray terhadap hasil belajar kelas IVB pada materienergialternatifdanpenggunaanya di Madrasah IbtidaiyahNegeriGlugurDarat II Kec. Medan Timur T.P 2017/2018

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:55
Last Modified: 19 Jul 2019 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item