Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Suturuzzhulam Tembung

Sitohang, Putri Irfani (2018) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Suturuzzhulam Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) penggunaan media Audio Visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) pengaruh yang signifikan antara media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 41 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah divalidkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) penggunaan media Audio Visual berperan sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan unsur-unsur instrinsik dan amanat yang terkandung dalam sebuah cerita sehingga mudah dipahami oleh siswa. Penggunaan Audio Visual dalam pelaksanaan pembelajaran adalah pada kegiatan elaborasi yaitu dimana siswa menganalisis, berdiskusi, dan membacakan hasil eksplorasinya tentang unsur-unsur instrinsik dan amanat yang terkandung dalam sebuah cerita rakyat anak dengan mendengar dan melihat video yang ditampilkan. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIS Suturuzzhulam pada kelas eksperimen (V-A) yang diberi perlakuan menggunakan media Audio Visual memperoleh nilai rata-rata post test = 85,71 dan hasil belajar siswa kelas kontrol (V-B) yang diberi perlakuan menggunakan media buku paket pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata post test = 75,50. 3) Berdasarkan hasil uji t dimana dperoleh thitung > ttabel 2,800 > 2,011 (n = 21) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MIS Suturuzzhulam Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 15 Sep 2018 08:06
Last Modified: 30 Jul 2019 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item