Pengaruh Dimensi Spiritual Konseling Islami Terhadap Perkembangan Eksistensi Diri Anak Broken Home Di MTsN 3 Medan

Maulidiah, Maulidiah (2018) Pengaruh Dimensi Spiritual Konseling Islami Terhadap Perkembangan Eksistensi Diri Anak Broken Home Di MTsN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKIRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dimensi spiritual konseling islami terhadap perkembangan eksistensi diri anak broken home di MTsN 3 Medan. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif. Untuk pengumpulan data, sampel terdiri dari 15 anak broken home dari kelas VII-IX di MTsN 3 Medan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang Eksistensi Diri. Berdasarkan hasil penilaian eksistensi diri anak broken home sebelum diberikan dimensi spiritual konseling islami didapatkan rata-rata eksistensi diri anak sebesar 50,33 dan dikategorikan sebagai eksistensi diri yang kurang. Berdasarkan hasil penilaian eksistensi diri anak broken home sesudah diberikan dimensi spiritual konseling islami didapatkan rata-rata eksistensi diri anak meningkat sebesar 65,53 dan dikategorikan sebagai eksistensi diri yang baik. Berdasarkan hasil analisa data didapatkan t-hitung 7,536 melebihi harga t-tabel 5% yakni 1,76 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima. Dengan diterimanya hipotesis penelitian, berarti terdapat pengaruh yang signifikan Dimensi Spiritual Konseling Islami terhadap Perkembangan Eksistensi Diri Anak Broken Home di MTsN 3 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 15 Sep 2018 08:06
Last Modified: 26 Jun 2019 00:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item