Etika Pendidik Dan Peserta Didik Imām An-Nawawī (631-678/1233-1278) (Studi Tentang Kitab Al-Majmūʻ Syaraḥ Al-Muhażżab Li Asy-Syīrāzī )

Salminawati, Salminawati (2014) Etika Pendidik Dan Peserta Didik Imām An-Nawawī (631-678/1233-1278) (Studi Tentang Kitab Al-Majmūʻ Syaraḥ Al-Muhażżab Li Asy-Syīrāzī ). Doctoral thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan etika pendidik dan peserta didik yang terdapat dalam muqaddimah kitab al-Majmūʻ Syaraḥ al-Muhażżab li asy-Syīrāzī. Ada empat pertanyaan mendasar yang diharapkan dapat terjawab dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kondisi sosial intelektual pada masa Imām An-Nawawῑ? Pertanyaan ini diarahkan untuk menelusuri kondisi latar belakang eksternal dan internal Imām An-Nawawῑ. Kedua, bagaimana teori-teori etika pendidik Imām An-Nawawῑ dalam kitabnya Syaraḥ al-Muhażżab? Pertanyaan ini diarahkan untuk menemukan pemikiran Imām An-Nawawῑ tentang etika pendidik dalam kitabnya Syaraḥ al-Muhażżab. Ketiga, bagaimana teori-teori etika peserta didik Imām An-Nawawῑ dalam kitabnya Syaraḥ al-Muhażżab? Pertanyaan ini diarahkan untuk menemukan pemikiran Imām An-Nawawῑ tentang etika peserta didik khususnya pada kitab Syaraḥ al-Muhażżab. Keempat, bagaimana relevansi teori Imām An-Nawawῑ tentang etika pendidik dan peserta didik terhadap pendidikan Islam modern? Pertanyaan ini dimaksudkan untuk menemukan relevansi antara pemikiran Imām An-Nawawῑ dengan realitas pendidikan di zaman sekarang ini, khususnya di Indonesia. Jenis penelitian disertasi ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan menggunakan pendekatan sejarah (Historical Approach). Salah satu jenis penelitian sejarah adalah penelitian biografis, yaitu penelitian terhadap kehidupan seseorang dalam hubungannya dengan masyarakat, sifat-sifat, watak, pengaruh pemikiran dan idenya serta pembentukan watak tokoh tersebut semasa hidupnya. Penelitian ini menggunakan sumber data primernya adalah Kitab al-Majmū’ Syaraḥ al-Muhażżab li asy-Syīrāzī karya Abū Zakariyā Muḥyiddīn ibn Syarf An-Nawawῑ. Adapun dari sumber skundernya adalah kitab-kitab karya Imām An-Nawawῑ dan kitab-kitab karya ulama lain yang membicarakan tentang Imām An-Nawawῑ. Untuk menganalisis data digunakan analisis isi (content analysis). Analisis ini dimaksudkan untuk melakukan analisis terhadap makna-makna yang terkandung dalam keseluruhan gagasan Imām An-Nawawῑ. Metode komparatif secara khusus digunakan untuk membandingkan pemikiran Imām An-Nawawῑ dengan pemikiran tokoh tertentu yang relevan. Komparatif ini selanjutnya digunakan untuk menemukan aktualitas, melacak relevansi, kesejajaran pemikiran Imām An-Nawawῑ dengan tokoh yang lain, sehingga dapat diketahui pemikiran Imām An-Nawawῑ secara utuh. Temuan dalam penelitian disertasi ini adalah pertama, Imām An-Nawawῑ selain belajar pada lembaga-lembaga pendidikan di zamannya, beliau juga seorang pendidik yang menjadi Syaikh (profesor) di beberapa madrasah, yaitu: Madrasah al- Iqbālīyyah, Madrasah al-Falakīyah dan ar-Ruknīyyah, serta lembaga Dār al-Ḥadīṡ al-Asyrafīyah. Kedua, kitab al-Majmū’ Syaraḥ al-Muhażżab li asy-Syīrāzī memuat persoalan etika pendidik dan peserta didik. (1) menguraikan tentang etika seorang pendidik ditinjau dari aspek kepribadiannya (personal); (2) menguraikan tentang etika seorang pendidik dalam kegiatan ilmiahnya: (3) menguraikan tentang etika seorang pendidik dalam menyampaikan pelajarannya (proses belajar-mengajar). Etika yang berkaitan dengan peserta didik, terdiri dari: (1) etika personal; (2) etika dalam belajar; dan (3) etika berinteraksi dengan para pengajarnya. Ketiga, relevansi teori Imām An-Nawawῑ tentang etika pendidik dan peserta didik terhadap pendidikan modern yang dibandingkan dengan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik bagi para pendidik yang dikatagorikan pendidik profesional. Dalam hal peserta didik, penelitian ini akan dibandingkan dengan 18 nilai karakter yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dalam rangka membangun karakter bangsa.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF
2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 11 Apr 2016 04:20
Last Modified: 11 Apr 2016 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item