Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantu Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MTs Al-Jihad KerasaanKabupaten Simalungun

Nurhalimah, Siti (2018) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantu Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MTs Al-Jihad KerasaanKabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti Nurhalimah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi bilangan bulat, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual pada materi bilangan bulat, 3) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)berbantu media pembelajaran visual pada materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al –Jihad Kerasaan yang berjumlah 4 kelas dan sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa dan VII-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran visual dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 buir soal. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual diperoleh rata-rata 70,532 dan standar deviasi 11,621 dan kelas yang diajar dengan pembelajaran langsung diperoleh rata-rata 63,404 dan standar deviasi 8,729. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel atau 3,362 > 1,987 sekaligus uji ANAVA Satu Jalur diperoleh Fhitung> Ftabel atau 53,123 > 3,936 maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap haasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Al –Jihad Kerasaan Kabupaten Simalungun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:46
Last Modified: 07 Sep 2018 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item