Perbedaan Kemampuan berpikir Kritis Matematikasiswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajarankooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Team Quiz Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Kolam Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hani, Mesra (2018) Perbedaan Kemampuan berpikir Kritis Matematikasiswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajarankooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Team Quiz Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Kolam Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Team Quiz di Madrasah Tsanawiyah Washliyah Kolam. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, analisis data menggunakan kuantitatif atau statistik. Alat pengumpulan data berupa tes. Populasi penelitian 131 siswa dan sampel berjumlah 67 siswa dengan rincian dari kelas VIII-C 33 siswa dan dari kelas VIII-D 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data digunakan uji-t yang diawali dengan menghitung rata-rata, menghitung standardeviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan penelitian secara umum bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah Washliyah Kolam berjumlah 347 siswa meliputi kelas VII, VIII, IX. Sedangkan guru berjumlah 23 orang berasal dari guru laki-laki dan guru perempuan. Temuan penelitian khusus ditemukan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen I dan II. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen I 78,99 dan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen II 71,32. Berdasarkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen I dan II dipandang telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebesar 65. Dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:33
Last Modified: 06 Sep 2018 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4207

Actions (login required)

View Item View Item