Pengaruh Strategi Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan) Berbasis Permainan Teka-Teki Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Mata Pelajaran Ips Di Mis Nurul Fadhilah Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018

Rahmi, Juwita (2018) Pengaruh Strategi Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan) Berbasis Permainan Teka-Teki Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Mata Pelajaran Ips Di Mis Nurul Fadhilah Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUWITA RAHMI NIM 36.14.4.014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa kelas control, 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi PAKEM berbasis permainan teka-teki, 3) Pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi PAKEM berbasis permainan teka-teki terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Penggunaan strategi PAKEM pada proses pembelajaran IPS menggunakan media gambar dan permainan teka-teki, pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi PAKEM siswa melakukan kerja kelompok, setelah itu masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MIS Nurul Fadhilah pada kelas eksperimen (V Hamzah) yang diberi perlakuan menggunakan strategi PAKEM termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata post test = 85,88 dan hasil belajar siswa kelas kelas kontrol (VUmar) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajara konvensional termasuk dalam ketegori cukup dengan nilai rata-rata post test = 69,71. 3) Berdasarkan hasil uji t dimana dperoleh thitung > ttabel 6,889 > 1,996 (n = 34) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi PAKEM berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:33
Last Modified: 30 Jul 2019 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item