Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Jigsaw Pada Materi Operasi Aljabar Di Kelas VIII MTs Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurjanna, Fitri (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Jigsaw Pada Materi Operasi Aljabar Di Kelas VIII MTs Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI NURJANNA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Tipe Jigsaw pada materi operasi aljabar di kelas VIII Mts Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-A (Kelas Eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match) dan 27 siswa kelas VIII-B (Kelas Eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw). Analisis data dilakukan dengan Uji-t. Temuan ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik dengan nilai rata-rata 78,67 daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan nilai rata-rata 75,81 (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Jigsaw pada materi operasi aljabar di kelas VIII Mts Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini sesuai dengan perhitungan uji t, bahwa berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t_hitung=8,283 hasil ini dibandingkan dengan t_tabel pada taraf nyata α=0,05 dan dk = 55 yaitu t_tabel=2,004 maka 〖t_hitung>t〗_tabel=8,283>2,004. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Jigsaw pada materi operasi aljabar di kelas VIII Mts Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu tahun pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Sep 2018 08:33
Last Modified: 03 Sep 2018 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item