Indriani, Indriani (2018) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team – Achievement Division (STAD) Dan Tipe Snowball Throwing Di Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
Indriani.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, (3) Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team - Achievement Division (STAD) dan tipe Snowball Throwing di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang secara acak dipilih 2 kelas dari 6 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team - Achievement Division (STAD) dan kelas Kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik t pada taraf signifikan ⍺ = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan : (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas ekperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berada dalam kategori sedang dilihat dari rata-rata posttest adalah 74,056, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas ekperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berada dalam kategori sedang dilihat dari rata-rata posttest adalah 73,543, (3) Tidak terdapat perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dan tipe Snowball Throwing Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada materi Trigonometri. Hal ini terbukti dari hasil uji t terhadap hasil posttest menunjukkan bahwa 〖 t〗_(hitung < ) t_(tabel ) atau 0,6028 <1,9946, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dan tipe Snowball Throwing Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 08:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 08:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4186 |
Actions (login required)
View Item |