Wahyuni, Sri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan T. P. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
Skripsi SRI WAHYUNI 35141037.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (i) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi prisma, (ii) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi prisma, dan (iii) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi prisma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 siswa dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk esai. Serta teknik analisis data yang digunakan: (i) Menghitung nilai rata-rata, (ii) Menhitung standar deviasi, (iii) Uji normalitas data, (iv) uji homogenitas data, dan (v) Uji hipotesis yaitu menggunakan uji t. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (i) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi prisma di Kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan yaitu cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test diperoleh 74,178 dengan variansi 98,82 dan standar deviasi 9,839., (ii) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi prisma di Kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan yaitu kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test diperoleh 66,64 dengan variansi 81,65 dan standar deviasi 9,04. (iii) Ada pengaruh signifikan Model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi prisma di kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan T. P. 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada data post test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,986 > 2,0054.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 01 Sep 2018 08:46 |
Last Modified: | 01 Sep 2018 08:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4147 |
Actions (login required)
View Item |