Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Wahdina, Wahdina (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
WAHDINA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, analisis data menggunakan kuantitatif atau statistik. Alat pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Populasi penelitian 369 siswa dan sampel berjumlah 79 siswa dengan rincian dari kelas VIII-7 40 siswa dan dari kelas VIII-9 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni cluster random sampling. Sedangkan teknik analisis data digunakan uji-t yang diawali dengan menghitung rata-rata, menghitung standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan penelitian secara umum bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Washliyah berjumlah 1.152 siswa meliputi kelas VII, VIII, IX. Sedangkan guru berjumlah 58 orang berasal dari guru tetap, guru PNS DPK, dan guru tidak tetap. Temuan penelitian khusus ditemukan perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A dan B. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A 77,6 dan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen B 73,38. Berdasarkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A dan B dipandang telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sekolah sebesar 70. Dari hasil penelitian ini bahwa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 01 Sep 2018 08:46
Last Modified: 01 Sep 2018 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item