Sarah, Siti (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Mengenal Lambang Bilangan Romawi Di Kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI SITI SARAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran melalui: (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. (2) Penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-3 SD IT Al-Hidayah yang terdiri dari 34 siswa, 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil sebelum menerapkan model pembelajaran make a match di peroleh nilai rata-rata 50,75 artinya bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 7 siswa yang tingkat persentasenya 20,58% saja. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 65 yang artinya adalah 19 orang siswa dinyatakan tuntas dengan tingkat persentase ketuntasan klasikal 55,88%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,52 berarti ada 31 dari 34 siswa hanya 3 siswa yang tingkat persentasenya 8,82% saja. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal lambang bilangan romawi di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 08:50 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 06:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4122 |
Actions (login required)
View Item |