Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Dikelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018

Gisty, Nurul Alpristari (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Dikelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Alpristari Gisty pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah terdapat pengaruh yang positif antara pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang yang berjumlah 184 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan : terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang. Hal ini berdasarkan perhitungan: (1) Skor hasil belajar kelas yang diajarkan strategi pembelajaran CTL memperoleh 3425 dan rata-rata 85,63 sedangkan kelas yang diajarkan strategi pembelajaran konvesional memperoleh 3185 dan rata-rata 79,63 (2) statistika uji-t diperoleh angka sebesar 2,564 sedangkan t-tabel sebesar 1,9908. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang positif antara strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 30 Aug 2018 08:56
Last Modified: 30 Aug 2018 08:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item