Gisty, Nurul Alpristari (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Dikelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
Skripsi Nurul Alpristari Gisty pdf.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah terdapat pengaruh yang positif antara pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang yang berjumlah 184 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan : terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang. Hal ini berdasarkan perhitungan: (1) Skor hasil belajar kelas yang diajarkan strategi pembelajaran CTL memperoleh 3425 dan rata-rata 85,63 sedangkan kelas yang diajarkan strategi pembelajaran konvesional memperoleh 3185 dan rata-rata 79,63 (2) statistika uji-t diperoleh angka sebesar 2,564 sedangkan t-tabel sebesar 1,9908. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang positif antara strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 08:56 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 08:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4109 |
Actions (login required)
View Item |