Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Talking Stick Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Fastabiqul Khairat Medan Marelan

Nasution, Umaruddin (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Talking Stick Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Fastabiqul Khairat Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Umaruddin Nst.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Fastabiqul Khairat Medan Marelan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan strategi talking stick dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan penerapan strategi talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada makanan dan minuman yang halal dan haram dikelas VIII MTs Fastabiqul Khairat Medan Marelan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Fastabiqul Khairat dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada pada pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa 57,41 dari 31 siswa, dimana 7 siswa (22,58%) memperoleh ketuntasan dan 24 siswa (77,42%) yang belum tuntas. Pada pos tes siklus I rata-rata kelas rata-rata kelas meningkat menjadi 58.54 dari 31 siswa, dimana 10 siswa (32,26%) memperoleh ketuntasan dan 21 siswa (67,74%) yang belum tuntas, maka dikategorikan pembelajaran belum tuntas. Pada pos tes siklus II rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 65,53 dari 28 siswa, dimna 14 siswa (50%) mencapai ketuntasan belajar dan 14 siswa (50%) yang belum tuntas, dikategorikan pembelajaran masih belum tuntas. Pada Pos Tes siklus III rata-rata kelas siswa semakin meningkat menjadi 75,31 dari 32 siswa, dimana 25 siswa (78,13%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 7 siswa (21,87%) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan strategi talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:08
Last Modified: 26 Jun 2019 06:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item