Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search Dan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man 2 Model Medan

Ipan, Ipan (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search Dan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man 2 Model Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis sebelum diterapkan strategi pembelajaran information search dan metode resitasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan, (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis setelah diterapkan strategi pembelajaran information search dan metode resitasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan, (3) Aktivitas mengajar guru selama proses tindakan, (4) Respon peserta didik selama penerapan strategi pembelajaran information search dan metode resitasi pada mata pelajaran Alquran Hadis, (5) Peningkatkan hasil belajar mata pelajaran Alquran Hadis setelah menerapkan strategi pembelajaran information search dan metode resitasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN 2 Model Medan. Dengan menggunakan Metodologi penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Alquran Hadis secara bertahap, setelah penerapan strategi information search dan metode resitasi. Yaitu dari skor rata-rata 82,79 meningkat menjadi 86,63 meningkat menjadi 90,88 (55,58% meningkat menjadi 83,35% dan meningkat lagi menjadi 94,11%). Hasil ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu disesuaikan dengan KKM 85. Selain itu respon siswa terhadap penerapan strategi dan metode pembelajaran ini adalah senang dan sangat termotivasi untuk belajar tentang ayat-ayat Alquran dan Hadis tentang keikhlasan dalam beribadah. Selain itu menurut mereka pelajaran lebih mudah, sehingga lebih cepat untuk dipahami, mereka mendapatkan informasi yang banyak seputar materi tersebut. Dari hasil angket respon siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 44,27 (sangat baik), pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 45,29 (sangat baik), pada siklus III skor rata-rata meningkat lagi menjadi 46,12 (sangat baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 26 Mar 2016 03:52
Last Modified: 26 Mar 2016 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item