Yanti, Leli (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI PDF (BAB 1-5, Lampiran).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jihad Medan yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa di kelas VIII^1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas VIII^2 sebagai kelas kontrol. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh rata-rata 85,7 dan standar deviasi 7,5 dan kelas yang diajar dengan pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata 68,16 dan standar deviasi 8,403. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan t_hitung>t_tabel atau 12,0589 > 2,001, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 07:07 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 07:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4065 |
Actions (login required)
View Item |