Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Penemuan (Discovery Learning) Dengan Berbantuan Kertas Origami Dan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Lingkarandi Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Wasliyah Tembung

Sari, Wilanti Wulan (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Penemuan (Discovery Learning) Dengan Berbantuan Kertas Origami Dan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Lingkarandi Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Wasliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Dicovery Learningdengan berbantuan kertas origami dan strategi pembelajaran Ekspositori pada materi Lingkaran di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang terdiri dari 9 kelas, Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik t pada taraf signifikan α=0,05. Temuan penelitian Hasil belajar ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Dicovery Learningdi kelas VIII^7 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung pada materi lingkaran mendapat nilai rata-rata siswa sebesar 73,05. (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategipembelajaran Ekspositoridi kelas VIII^9 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung pada materi lingkaran mendapat nilai rata-rata siswa sebesar 66,45. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan strategi Dicovery Learningdenganhasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Hal ini sesuai dengan perhitungan ujistatistik diperoleh t_hitungsebesar 2,029 sedangkan t_tabel sebesar 1,991.Simpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Dicovery Learningdengan lebih baik dibanding dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:06
Last Modified: 29 Aug 2018 07:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item