Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al – Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam An – Nur Prima Medan T.A 2017/2018

BR Karo, Dismiani (2018) Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al – Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam An – Nur Prima Medan T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
dismi pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al – Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan populasi quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Islam An – Nur Prima Medan T.A 2017/2018, yaitu kelas VII akhwat kelas VII ikhwan .penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, kelas akhwat berjumlah 26 sebagai kelas eksperimen dan kelas ikhwan berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan adalah uji ANAVA satu jalur, dengan uji prasyarat berupa uji normalitas diperoleh hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan dengan pendekatan interkoneksi matematika Al –Qur’an lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensionalberpengaruh hal ini ditunjukkan dari hasil rata – rata post – test pada kelas eksperimen sebesar 79,61 dan rata – rata kelas kontrol sebesar 56,73 dengan selisih rata – rata 22,88. Selain itu pendekatan interkoneksi matematika Al – Qur’an berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan ANAVA didapatkan 〖F 〗_(Hitung = )76,3 dan 〖F 〗_(Tabel )=4,98 . Selanjutnya dengan membandingkan harga 〖F 〗_(Hitung )dengan harga 〖F 〗_(Tabel ) bahwa 〖F 〗_(Hitung > 〖F 〗_Tabel ) yaitu 76,3 > 4, 98 pada tara siknifikan α = 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Aug 2018 08:45
Last Modified: 28 Aug 2018 08:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item