Hubungan antara peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek siswa di man Kisaran

Lutfiah, Aisah (2018) Hubungan antara peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek siswa di man Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aisya Lutfiah.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bahwa perilaku mencontek yang terjadi pada siswa dipengaruhi beberapa faktor, namun dalam penelitian ini tentunya, tidak dapat mengkaji seluruh faktor tersebut. Peran sosial teman sebaya merupakan hal yang menjadi faktor perilaku mencontek siswa yang akan dikaji dalam penelitian ini. Permasalahannya adalah apakah ada hubungan peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek siswa di MAN Kisaran. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN Kisaran jumlahnya secara keseluruhan adalah sebanyak 968 siswa. Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang siswa yang berarti bahwa seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dikarenakan jumlahnya sedikit. Alat pengumpul datanya adalah angket. Adapun jumlah item angket penelitian mengenai peranan sebaya adalah sebanyak 30 item. Sedangkan angket berkenaan dengan perilaku mencontek jumlah itemnya sebanyak 30 item. Pengolahan datanya menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor untuk variabel peran sosial teman sebaya skor rata-rata sebesar 103,54, median 105, mode sebesar 109, sd sebesar 7,63, varian sebesar 58,26, minimum 90, maksimum 119, dan skor total sebesar2485. Untuk variabel perilaku mencontek diperoleh skor rata-rata sebesar 82,61, medium 82, mode 85, sd. 11,57, varian133,93, minimum 54, maksimum 110, dan skor total sebesar 3800. Ini berarti bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel bersifat negatif. Artinya, jika variabel peran sosial teman sebaya meningkat, maka perilaku mencontek menurun. Dengan kata lain, jika peran sosial teman sebaya baik, maka perilakumencontek tidak akan terjadi. Merujuk pada hubungan kedua variabel di atas, maka dapat disimpulkan jika nilai peran sosial teman sebaya siswa meningkat 1 poin, maka perilaku mencontek siswa akan menurun sebesar -0,260.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:45
Last Modified: 26 Jun 2019 00:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item